Friday, May 12, 2006

Nasionalisme

"Masa sih untuk meningkatkan rasa nasionalisme perlu ke luar negeri dulu??"

Mengutip pertanyaan seorang teman blogger. Bener nggak sih?

Buat gue pribadi, setelah pergi meninggalkan Indonesia, gue sadar kalo gue cinta Indonesia. Budayanya beragam banget dan menarik. Lalu tumbuh keinginan untuk belajar lebih banyak tentang Indonesia. Dan gue jadi bangga banget sama hal2 yang berkaitan dengan Indonesia. Denger berita kalo SBY nominasi nobelis, bangga dong! (kapan sih seleksinya?) Liat liputan CNN tentang aktivitas Gunung Merapi, hati gue gembira. (Indonesia masuk CNN loh!) Ketemu orang yang tau sesuatu tentang Indonesia juga bisa buat gue seneng. (Kaya advisor gue yang bisa nyanyi Bengawan Solo!) Dan gue berangan2 Indonesia dalam waktu dekat bisa dikenal di mata dunia dengan reputasi yang bagus.

Gue tau banyak orang yang keluar dari Indonesia dan 100% meninggalkan Indonesia. Nggak mau berurusan dengan segala hal yang berbau Indonesia. Sampai2 ada yang lupa caranya berbahasa Indonesia. Sesuatu yang traumatis mungkin pernah menimpa orang2 seperti itu yah dulunya. Sayang...

Banyak juga orang yang meninggalkan Indonesia dan nggak mau balik lagi karena kondisi hidup di tempat mereka sekarang lebih menjanjikan. Hidup di Indonesia itu besar pasak daripada tiang. Gaya hidupnya mahal, tapi pendapatan orang rata2 dikit banget! Alhasil Indonesia banyak kehilangan orang2 yang bisa buat bangsa ini maju. Soalnya ya itu, mereka lebih baik nyumbang keterampilan dimana kerja mereka dihargai besar.

Gue pengen pulang dan kerja di Indonesia. Gue pengen keterampilan gue bisa dipake untuk kemajuan Indonesia. Gue pengen Indonesia maju. Tapi usaha satu orang apa artinya? Apa ada cukup orang yang tumbuh nasionalismenya setelah tinggal di luar negri dan mau pulang ke Indonesia? Jadi keinginan gue itu mungkin cuman jadi mimpi indah belaka.

Gue pernah berandai2; Nanti kalo gue udah jadi orang kaya, gue mau ngasih beasiswa buat anak2 Indonesia untuk sekolah ke luar negri minimal setaon. Maksudnya buat menumbuhkan rasa cinta Indonesia deh intinya. Bisa terwujud nggak ya?

No comments: