Friday, August 05, 2005

An Adventure in Duluth

4 hari yang lalu gue pergi ke Duluth bareng temen gue Kumiko dalam rangka nyari tempat tinggal gue yang baru. Sebelom pergi, gue udah nyatet beberapa apt. listing dari websitenya UMD. Gue pikir, gampang lah, tinggal telpon, buat appointment, liat2, lanjut! Yang ada dipikiran gue, dimana2 pasti miriplah sama di St. Cloud. Ternyata eh ternyata, beda banget yak!

Pertama-tama, price rangenya mahal sekalee... (kalo dibandingin sama St. Cloud) Trus nyari tempat yg bisa buat gue ngerasa puas dan nyaman tuh nggak gampang. Jadi yang tadinya mau nginep semalem doang, harus ditambahin semalem lagi. Untung juga sih tapi soalnya Rabu malem, di Duluth ujan deres banget, ada tornado warningnya juga walaupun akhirnya dicancel.

Hari pertama diawali dengan mendampingi Kumiko nyetir dari St. Cloud ke Duluth. 1 jam pertama kita ngelewatin State Highway yang dua arah, masing2 satu jalur. Walaupun gue mestinya udah terbiasa sama gaya nyetirnya Kumiko yang suka ngebut, tetep aja, jantungan gue! Abisnya kalo mo nyelip mobil depan, mesti pindah ke jalur yg ke arah kita, hiii... Tapi satu jam terakhir, kita pindah ke Highway gede, dua jalur. Lega... Sampe di Duluth, kita check in ke hotel, trus ke UMD. Disana gue ketemu sama sekretarisnya Math Dept. Ngerjain paperwork sambil nunjukin paspor, I20, I94, visa, dsb dsb dsb... Gue yakin, kalo gue yg kerjain sendiri, pasti cepet banget dah selesai deh. Tapi ini sekretarisnya udah agak tua gitu, lelet bener. Gue ngisi satu baris, dia ceknya lama banget. Nggak selese2... Dah gitu milih formulir juga lama bener. Udah tau gue mo dateng, bukannya disiapin dulu gitu.. Dari situ gue ketemuan sama International Student Adviser, dan disitu gue menemukan kalo gue satu2nya orang Indonesia di UMD. O well...

Setelah makan siang, gue mulai apartment hunting. Karena dah sore, gue cuman liat 2 tempat. Apa yang gue liat buat hati gue copot (kalo hati bener2 bisa copot, gue mungkin udah pingsan ditempat...) Penampilan luarnya itu rumah tua yang kesannya gelap2 gitu. Kalo malem nggak tau deh kaya apa. Trus masuk ke dalem pun nggak beda jauh. Pintu kamar apartemen banyak tambal2an. Dapur, kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, semuanya privat, tapi kecil2 dan NGGAK imut2. Tempat kedua yg gue liat juga mirip2. Akhirnya gue berbasa-basi sama ownernya. Gue bilang kalo tertarik, gue telpon (sambil pasang tampang manis)

Duluth kan terkenal dengan Lake Superiornya, jadi gue akhiri hari pertama gue disana. Gue dan Kumiko turun sampe bener2 ke pinggir Danau, duduk2 sambil ngobrol. Tempatnya romantis deh, cocok buat orang pacaran.

Hari kedua gue mulai dengan perasaan optimis. Hari baru, semangat baru! Rumah pertama yang gue liat cukup mengangkat semangat gue. Tapi kalo tinggal disini, gue share 1 rumah bareng 3 bule, 2 cowo, 1 cewe. Tempatnya bagus, ada kebun dibelakangnya. Tapi ngeruk salju sendiri bakal jadi salah satu kewajiban. Landlord kedua yg gue temuin punya banyak tempat kosong. Jadi gue sama kumiko liat 5 tempat sekaligus di tempat yg beda2. Bingung jadinya, mana si landlord kayanya terburu2, jadi nunjukinnya cepet2. Setidaknya dari tempat2 yang dia tunjukin ada 1 yang potensial. Tapi sayangnya baru bisa masuk tgl 1 September dan nggak bisa lebih awal, not good...

Hari kedua kita abisin buat jalan2 di downtown. Sekitar jam 1/2 5 sore, kita denger sirine buat tornado warning dan cuacanya super mendung. Jadi kita balik ke hotel dan pas banget waktu kita masuk kamar, diluar ujan deres dgn petir menggelegar dan kilat berkelebat. Setelah ujan berenti, kita pergi liat Mall di Duluth kaya apa. Cukup memuaskan lah.

Hari ketiga, gue liat 2 tempat lagi. Dan gue menemukan dream apartment gue. Besar dgn extra storage yang banyak banget. Lingkungan sekitar bagus dan nggak banyak orang2 aneh berkeliaran disekitarnya. Akhirnya gue bisa balik ke UMD untuk ngelengkapin paperwork gue. Senang! Waktunya pulang! Walaupun ditengah jalan, mobilnya Kumiko ngadat AC-nya, gue sampai di St. Cloud dengan selamat.

Kesimpulan? I think I'm going to like Duluth.

No comments: