Monday, September 19, 2005

Ada orang utan mimik cucu...



Ih, ada bayi orang utan minum susu pake botol!!! Nggak kaget sih, liat monyet ngerokok juga pernah gue... Jadi suatu hari nanti kalo ada berita "Ditemukan seekor gorilla mengkonsumsi heroin." Itu wajar aja kali yah?!


Anyway, gue sih nggak mau ngebahas tentang unusual primate kok. Ini foto sebenerya gue dapet dari CNN yang lagi ngebahas tentang rencana dibuatnya perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia di Kalimantan. Grup pecinta alam nggak setuju soalnya ini berarti ngerusak habitat alami orang utan dan juga kemungkinan besar bakalan ngerusak sumber air di salah satu 5 pulau besar di Indonesia ini. Sementara itu, menurut Presiden pabrik kelapa sawit yang bakal nanganin projek ini, mereka udah nandatanganin perjanjian kalo mereka bakal tetep ngejaga keseimbangan ekosistem di daerah itu. Kenapa juga projek ini penting banget adalah karena projek ini bisa ngebuka sekitar 100.000 lapangan kerja baru.

Kalo menurut gue, masalah menjaga keseimbangan ekosistem sambil ngejalanin perkebunan kelapa sawit sih mungkin aja. Wong di Amrik, mereka punya tanah yang dipake untuk fasilitas latian militer sekaligus tempat rekreasi dan masih jadi tempat habitat alami untuk banyak spesies langka semacem the Bald Eagle. Dan tempat kaya gini nggak cuma satu aja disini...Nah itu tempat latian militer loh, dimana mereka main tembak2an sama lempar2an bom. Apalagi tempat perkebunan kelapa sawit, pastinya mungkin dong tetep dijaga kelestariannya.

Tapi kita sekarang ngomongin orang Indonesia... Secinta-cintanya gue sama Indonesia, semua juga tau kalo kita orang Indo susah banget buat nggak ngelanggar peraturan. Jadi gue sih doain aja projeknya jadi jalan biar orang2 Indo nggak pada pengangguran lagi tapi gue juga berdoa biar orang2 yang nanganin projeknya pada bertanggung jawab ngedisiplinin pegawai2 supaya nggak ngerusak salah satu tempat yang bisa kita banggain ke orang luar negri.

No comments: