Wednesday, February 09, 2005

Facts about Valentine's day

Karena masih dalam semangat hari kasih sayang, gue browsing2 di internet tentang hari yang special buat kebanyakan pasangan ini. Dan ternyata Valentine's day tuh aslinya buat memperingati Santo Valentinus.

Singkatnya, menurut legenda, Kaisar Claudius II di Roma memutuskan kalo tentara yang belom berkeluarga kualitasnya lebih bagus daripada tentara yang punya anak dan istri. Jadi Kaisar nggak berperasaan ini melarang pernikahan buat para bujangan2 muda. Sadar betapa nggak berperikemanusiaannya larangan itu, Valentinus yg adalah seorang pendeta membantu banyak pasangan menikah, in secret. Lalu kaya legenda2 lainnya, sang pahlawan kita ini ketauan dan dihukum mati.

Ada juga yang bilang kalo waktu Valentinus menunggu waktu eksekusi, dia jatuh cinta sama anak dari pimpinan penjara yang suka ngunjungin Valentinus di selnya. Valentinus kemudian ngirim kartu valentine yang ditandatangani "From your Valentine."

Lalu, kok hari valentine bisa jatuh di tanggal 14 Februari sih? Soalnya selain leap year, jumlah hari bulan Februari itu ada 28 hari. Trus Februari itu urutan kedua dalam setaon. Nah, 28/2 = 14. Makanya kita ngerayain Valentine's day tgl 14 Februari. Teori ini diciptakan oleh gue, si otak mat, julukan dari sahabat gue. huehehehe... Kalo ada yang percaya, teori ini valid, kasiann deh lo!

Ok, seriously. Dari sejarah Roma kuno, 15 Februari itu adalah hari festival Lupercus, god of fertility. Salah satu kegiatan di festival ini tuh, para gadis2 muda masukin nama mereka ke satu wadah, trus bujangan2 ngambil satu nama dari wadah tersebut. Kaya narik lotre, tapi hadiahnya cewek gitu lah. Jadi selama satu hari, mereka berpasangan. Banyak dari pasangan2 ini yang akhirnya jadi beneran! Trus lagi, di Inggris dan Perancis, dipercaya kalo 14 Februari itu adalah bird mating season. Ini menambah kalo Valentine's day adalah hari yg romantis.

Lalu, taon 498, Paus Gelasius menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari peringatan Santo Valentinus. Cuman, karena kalo diliat2, cerita2 diatas kebanyakan hanya berdasarkan legenda, hari ini dicabut dari hari besar di kalender gereja Kristen.

Interesting facts in relation with Valentine's day:

  1. Cupid is the son of the Roman's love goddess, Venus. In Greek mithology, he's known as Eros, the son of Aphrodite.
  2. The oldest Valentine's card is at the British Museum.
  3. The first commercial Valentine's Day greeting cards produced in the U.S. were created in the 1840s by Esther A. Howland.
  4. Approximately 85 percent of all valentines are purchased by women. LOL!
  5. Di Jepang, V-day jadi hari wajib buat kebanyakan perempuan karir untuk ngasih coklat ke co-worker cowok. Coklatnya punya nama tersendiri: Girichoko (giri=obligation).
  6. Karena (5), muncul yang namanya White day (14 Maret) di Jepang. Hari ini giliran para cowok buat ngasih white chocolate ke siapapun yang ngasih mereka coklat waktu V-day. Tapi kebanyakan cowok cuman ngasih buat ceweknya. Dasar cowok egois!! :P
  7. Mawar merah jadi salah satu simbol buat Valentine's day karena mawar tuh bunga favoritnya Dewi Venus. Trus warna merah dipake karena merah menekankan perasaan yg kuat banget.

Fakta yang paling menarik buat gue:

Perbandingan jumlah perempuan single umur 20-an dengan jumlah lelaki single dgn interval umur yang sama adalah 100 banding 118.

Jadi selama ini asumsi kita kalo jumlah cowok lebih sedikit dari cewek, salah dong?

Post kali ini gue buat berdasarkan sumber dari HowStuffWorks, Wikipedia dan The History Channel.

No comments: